Ciptagelar yang mempesona

Desa Ciptagelar,Jawa Barat



Jawa Barat punya banyak banget tempat-tempat untuk dikunjungi salah satunya Desa Ciptagelar. Katanya tempat ini istimewa banget men buat orang-orang sunda,sebuah desa fantastis yang sulit dicapai karena berada diatas gunung dan dibalik hutan hutan gitu men. Untuk kesana kita harus melewati medan yang cukup susah kayak batu-batuan dan kita harus melewati air gitu nantinya dan jalanya yang nanjak dan naik banged.Warga disini hubunganya sangat erat dengan padi,buktinya lambang desa mereka adalah lumbung padi,dimanakah itu,Itulah Ciptagelar.
Desa ciptagelar itu lokasinya berada di selatan gunung halimun,jadi kalau mau kesana lebih baik lewat pelabuhan ratu dulu men dan kalau lo mau selamat,lo harus naik mobil yang bener-bener sehat men.Dari pelabuhan Ratu ke cipta gelar butuh waktu sekitar 3 jam men,soalnya medanya itu sangat menantang men karena lo harus melewati lubang-lubang dan jalan yang sudah tidak beraspal men,jalanya offroad banged,butuh perjuangan yang extra keras men untuk sampai kesana.
Sebelum sampai ciptagelar kalian akan melewati ciptarasa, konon desa itu merupakan desa pertamanya ciptagelar,jadi sebelum ada ciptagelar ada cipta rasa dulu.Ciptagelar itu sendiri itu sebenere apa sih men sampai kita jauh-jauh kesana. Oke akan saya sedikit jelaskan apa itu ciptagelar men.Cipta gelar itu sendiri merupakan salah satu suku sunda di Jawa Barat dengan sistem kepemimpinan seperti kerajaan.
Setelah beristirahat di Ciptarasa kita akan berlanjut ke Ciptagelar, warga desa ciptagelar sangat ramah sekali men, sampai disana kalian pasti akan disambut warga dengan hangat. Di Ciptagelar punya strutur sosial yang mapan men,karena udah ada sejak ratusan yang lalu namanya adalah kasepuhan ciptagelar.mereka seperti negara kecil men dan padi merupakan simbol mereka.Kalo kalian punya jiwa traveller sejati jangan sampai kelewatan men berkujung ke desa Ciptagelar kalau kalian semua berkunjung ke Jawa Barat.

0 Response to "Ciptagelar yang mempesona"

Post a Comment