Benteng Portugis Jepara

Benteng Portugis Jepara
Benteng Portugis Jepara

Pada artikel kali ini kita akan jalan-jalan ke kabupaten Jepara, tepatnya di Kecamatan Donorejo Desa Banyu manis. Di Desa wisata ini ada sebuah benteng yang berdiri kokoh peninggalan Portugis yaitu Benteng Portugis. Kemewahan gak harus mahal, itulah makna traveling sejati. Berhubung masih libur kuliah dan suntuk di rumah, akhir nya saya bulatkan tekad untuk jalan-jalan ke Kabupaten Jepara. Saya sendiri start dari rumah tercinta yaitu Kabupaten Demak tepat pukul 9 pagi dan langsung meluncur ke lokasi awal yaitu Benteng Portugis. Perjalanan kira-kira ditempuh dalam waktu 2-3 jam dari Demak, karena saya sendiri belum tau benar rute yang harus di tempuh. Berbekal informasi dari mbah google yang menyatakan saya tinggal lurus mengikuti jalan ke arah Kecamatan Tayu, Pati sekitar 2,5 jam perjalanan akhirnya saya sampai juga di Benteng Portugis Jepara. Di sepanjang jalan saya juga melewati tempat wisata lain seperti Pantai Tirto Samudro atau Pantai Bandengan, Air Terjun Songgo Langit, Ngembes Putri Cina dan Pantai Gua Manik, itulah beberapa wisata yang terlihat selama perjalanan saya ke Benteng Portugis Jepara. 

Benteng Portugis Jepara
Benteng Portugis Jepara

Sesampainya di Benteng Portugis, sobat semua akan disuguh kan pemandangan pantai yang sungguh menawan. Kalian juga bisa menikmati pemandangan Pulau Mandalika dari Benteng Portugis. Untuk masuk ke lokasi wisata tepatnya pada tanggal 23 Juli 2015 dikenakan biaya 8.000 untuk masuk lokasi wisata, dan 2.000 untuk parkir sepeda motor. Saya sendiri tidak tau itu tarif untuk lebaran, ataupun dihari biasa juga sebesar itu. Menurut mitos yang berkembang, Bangsa portugis hanya sebentar menempati benteng ini, hal itu di karenakan adanya banyak gangguan yang memakan banyak korban jiwa. Konon di pusaran Selat Mandalika ada pusaran air yang merupakan pintu gerbang Keraton Luweng Siluman yang di rajai oleh Siluman Bajul putih, konon kabarnya Siluman Bajul Putih berhasil di kalahkan oleh Ki Leseh. Tetapi sebelum dikalahkan oleh Ki Leseh Siluman Bajul Putih itu bersumpah bahwa setiap warga portugis yang berkulit putih akan hilang tersedot putaran arus yang ada di Teluk Mandalika. Karena kejadian itulah banyak korban jiwa dari portugis yang hilang entah kemana yang menyebabkan Bangsa Portugis tidak bertahan lama di Benteng ini.

Pantai Mandalika dari Benteng Portugis Jepara
Penampakan Pulau Mandalika dari Benteng Portugis

Di Benteng Portugis ini Sobat semua bisa menikmati Wisata Pantai dan Perbukitan. Pantai di area ini lumayan indah dengan batu-batunya. Kalian juga bisa naik bukit yang ada juga di sekitar kawasan ini. Untuk naik bukit sudah ada tangga yang disediakan, Sampai di atas bukit kalian juga bisa melihat penampakan pulau mandalika. Pulau Mandalika merupakan pulau kecil di sebelah utara kawasan ini. Untuk menuju ke pulau mandalika sendiri kalian bisa menyewa perahu nelayan sekitar dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Sampai diatas bukit kalian akan menemukan beberapa meriam peninggalan bangsa portugis. Oya mau lupa untuk menuju benteng portugis tidak ada angkutan umum sampai ke benteng portugis, kalian harus membawa kendaraan pribadi.

Pantai Mandalika dari Benteng Portugis Jepara
Penampakan Pulau Mandalika dari Benteng Portugis

Benteng Portugis Jepara
Benteng Portugis

Bagi Sobat semua yang berkesempatan datang ke Jepara, jangan lewatkan berkunjung ke Benteng Portugis. Walaupun agak jauh dari kota tapi capek perjalanan akan terbayar oleh pemandangan alam yang memukau. Ikuti trus blog ini akan ada artikel-artikel terbaru, Jangan lupa ya berkunjng ke Benteng Portugis Kalau Sobat semua berkesempatan berkunjung ke Jepara, Sampai disini artikel saya " Salam Backpaker"

4 Responses to "Benteng Portugis Jepara"

  1. Punya blog sealiran gan, saya posting diblog saya juga ya gan... inspiring deh

    ReplyDelete
  2. Boleh gan, Silahkan, Mari saling mengunjungi dan kerjasama

    ReplyDelete
  3. Ketika kita liburan di jepara banyak tempat wisata jepara yang patut kita kunjungin yaitu :
    1. Pantai Kartini
    2. Pantai Bandengan
    3. Benteng Portugis
    4. Pulau Karimun Jawa
    Silahkan liburan di jepara ketika liburan sekolah tiba.

    ReplyDelete
  4. Kak kalo mau kesana bisa naik angkutan umum gak ya kak,
    Tolong saranya kak backpacker tapi gak naik motor

    ReplyDelete