Derasnya Air Terjun Pancur Aji

Air Terjun Pancur Aji, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat,Indonesia
Obyek Daya Tarik Wisata Pancur Aji

Pancur Aji adalah sebuah obyek daya tarik wisata kebanggan Kabupaten Sanggau. Kabupaten Sanggau itu sendiri merupakan salah satu Kabupaten di wilayah Kalimantan Barat, Berjarak sekitar 260 km dari Pontianak yang merupakan Ibukota provinsi Kalimantan Barat, atau sekitar 4-5 Jam perjalanan darat, tergantung keadaan jalan. Untuk menuju Kabupaten Sanggau bisa menggunakan taxi, taxi disana bukan taxi di Jawa pada umunya, tapi orang sana menyebut taksi itu angkutan ataupun travel. Sedangkan jarak pancur aji ke kota sanggau sendiri sekitar 6 km, dari pontianak kalian akan melewati nya karena lokasinya sebelum sampai ke Kota Sanggau.
Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Pancur Aji menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang masih alami, khas air pegunungan yang dingin dengan udara yang masih segar karena jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan jauh dari polusi.

Air Terjun Pancur Aji, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
 ODTW Pancur Aji, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Sebagai informasi Harga tiket masuk ke pancur aji juga tergolong murah, untuk orang dewasa di kenakan tarif sekitar 2500 dan anak-anak 1500 ditambah parkir kendaraan roda dua 2500 dan 5000 untuk mobil. Di kawasan sekitar air terjun pancur aji terdapat tanaman kayu tengkawang yang langka dan hanya tumbuh di pulau kalimantan. Selain dapat menemukan kayu tengkawang, Kalian semua juga bisa menemukan tanaman anggrek. Dikawasan pancur aji juga ada kebun binatang yang di dalamnya ada Orang Utan, Buaya, dan Burung Enggrang khas Kalimantan.  Pancur Aji dengan air derasnya terletak di tepi sungai kapuas bagian hilir dan diapit dua sungai, yakni : Sungai Mowa dan Sungai Mawang. Selain itu di muara sungai mowa kalian juga akan menemukan air terjun yakni air terjun Gurong Monga, Konon di sekitar Gurong monga merupakan tempat pertapaan makhluk-makhluk halus.  

Air Terjun Pancur Aji, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
ODTW Pancur Aji

Menjelajah lebih jauh, pada bagian bukit pancur aji kalian akan menemukan sisa-sisa kejayaan kerajaan sanggau berupa benteng. di benteng ini terdapat sebuah meriam yang konon akan berbuyi ketika ada musuh dan akan datang nya sebuah bencan. di sekitar benteng tersebut juga di temukan galian berukuran 4x4 meter, belum jelas fungsi dari galian itu sendiri untuk apa. Tertarik untuk berkunjung ke pancur ajji?? Agendakanlah wisata pancur aji bersama teman atau keluarga anda. akan ada petualangan seru, karena keindahan pancur aji

8 Responses to "Derasnya Air Terjun Pancur Aji"

  1. Replies
    1. Bisa di jadikan alternatif buat liburan bersma teman dan keluarga gan ketika ke kalbar..

      Delete
  2. Seger kayaknya, pengen juga jadinyaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger sekali airnya, udaranya juga masih alami dan blm kena polusi

      Delete
  3. Pendek curug nya tapi seger kelihatannya.. keren (y)

    ReplyDelete
  4. Pernah ke situ... Terasa masih asri banget..

    ReplyDelete