Jejak kaki di Pulau Kanawa (Taman Nasional Komodo)

Sebagai orang Indonesia gue gak tau persis apa itu arti negara kepulauan, tapi pas gue terbang sendiri melewati Bali  menuju Nusa Tenggara Timur gue baru lihat pake mata gue sendiri, pulau pulau mulai dari yang mungil hingga yang gedhe hingga yang gedhe lagi terbentang lepas diperairan laut Bali dan Flores dan pulau-pulau ini cerminan buat kita semua bahwa kita harus inget akar bangsa kita dimana darat diikat oleh air,inilah indonesia men"Negara Kepulauan"



Hari ini kita akan ke pelabuhan yang namanya laboan bajo,sebuah pelabuhan diujung timur pulau flores,Flores men. Gue belum pernah menyentuhkan sama sekali kaki gue. Ada apa ya disana??orang-orangnya kayak apa ya?? tapi pertanyaan yang paling mendesak apa itu bajo?? " Banyak Joget " tetapi kali ini saya tidak akan banyak membahas tentang laboan bajo tetapi pulau kanawa.


Pulau Kanawa merupakan salah satu pulau yang berada Taman Nasional Komodo, untuk menuju kesana di perlukan waktu kira-kira sekitar 1,5 jam dari Laboan Bajo. Pulau ini di kelolola oleh orang berkebangsaan Italia. Pulau ini sangat terjaga kebersihan dan keindahanya serta menjaga betul ekosistemnya. Dari dermaga kalian semua bahkan bisa lihat dasar lautnya. Sekilas pulau kanawa hampir sama dengan sebuah pulau yang berada di kepulauan sumbawa, tapi pulau kanawa ini bukanlah yang berada di kepulauan sumbawa,beda jauh men.
Di pulau ini terumbu karang sangat subur dan indah sekali, di pulau ini merupakan spot snorkling yang di gemari wisatawan,kalian bisa lihat berbagai macam tumbuh subur disini, bahkan kalian bisa lihat ikan hiu kecil berenang hilir mudik di pantai. Menjelang sore di pulau ini air akan surut dan kalian bisa memungut bitang laut dan kerang-kerang kecil.

Apabila kalian Hoby snorkling disini juga menyediakan persewaan alat snorkling,biaya nya pun tergolong murah cuma 50.000/hari. Banyak spot cantik tersebar di tempat ini yang pastinya masih terjaga ekosistemnya.Pulau ini juga menyediakan dive center, kalian bisa menyewa alat selam di pulau ini tapi harus ada iin terlebih dahulu tentunya.

Di pulau ini terdapat tenda,bale dan Bungalow. Apabila kalian berminat kalian bisa chek ini di restoran di tepi pantai yang bernama StarFish. Perlu kalian ketahui yang paling murah adalah tenda itu sudah termasuk tenda,bantal dan selimut. Yang kedua dinamakan bale, bale ini mirip dengan gazebo yang ada tamanya dan di bele tersebut sudah tersedia  kasur,bantal,guling,kelambu dan listrik serta stop kontak. Di pulau kanawa ini menyediakan bungalow yang jumlahnya ada 14 dan di dalamnya sudah ada kamar mandi dalam 

0 Response to "Jejak kaki di Pulau Kanawa (Taman Nasional Komodo)"

Post a Comment