Kelenteng Sam Poo kong

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong yang merupakan salah satu cagar budaya di Kota Semarang beralamat di Jl,Simongan Raya,Semarang,Konon tempat ini merupakan bekas persinggahan pertama salah seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He/Cheng Ho pada tahun 1401. Panglima Cheng Ho di utus pada masa Dinasti ming pada masa pemerintan Kaisar Yung lo sebagai duta kaisar.
Bagi mereka penikmat wisata rohani dan sejarah tidak ada salahnya ketika berkunjung ke kota Semarang berkunjung kesini, untuk masuk lokasi tergolong murah untuk warga lokal cukup dikenakan 3.000 rupiah dan 30.000 untuk turis mancanegara,tetapi untuk masuk kedalam kuilnya dikenakan biaya tambahan yakni 75.000 rupiah/orang dan mendapat bonus foto menggunakan pakaian adat di sekitar kuil Sam Poo Kong.


Destinasi Wisata Semarang


Di area kuil Sam Poo Kong terdapat patung Cheng Ho setinggi 10,7 meter, patung ini merupakan spot paling ramai bagi pecinta fotografi, Selain patung Cheng Ho di area kuil Sam Poo Kong juga terdapat banyak patung. Jika sobat semua pengen mendapat spot foto yang bagus jangan berkunjung waktu perayaan Imlek karena pengunjung bakal ramai sekali
              Patung Panglima Cheng Ho             
Bangunan inti dari kuil Sam Poo Kong adalah Goa Batu, di dalam goa tersebut terdapat patung Panglima Cheng Ho yang di lapisi emas, Konon Goa itu merupakan tempat pertama kali Panglima Cheng Ho mendarat dan di gunakan sebagai markas. Di dalam Goa tersebut terdapat relief yang menceritakan perjalanan Panglima Cheng Ho dari China sampai mendarat ke Jawa. Selain itu di area kuil Sam Pookong terdapat satu kuil dan dua tempat untuk sembahyang. Kelenteng tersebut dinamakan Thao Tee Kong yang di peruntukan untuk pemujaan Dewa Bumi sedangkan untuk tempat sembahyang nya dinamakan kyai Juru Mudi yang merupakan bekas juru mudi kapal Cheng Ho yang meninggal di Semarang,untuk menghormatinya dibangunlah tempat sembahyang dan yang kedua dinamakan Kyai Jangkar karena terdapat jangkar asli kapal dari Panglima Cheng Ho yang di gunakan berlayar dari China sampai Jawa.
Wisata Rohani, Sejarah, Spot Foto di Kota Semarang

Semarang tidak hanya Bandungan, Lawang Sewu ataupun Tugu Muda , masih banyak destinasi wisata di Kota Semarang ini yang perlu kalian kunjungi salah satunya Kelenteng Sam Poo Kong yang bisa buat alternatif wisata kalian bersama teman maupun keluarga anda. Penasaran dengan Kuil Sam Poo kong?? Silahkan kamu arahkan kendaraan kamu dan berkunjung ke Kuil Sam Poo Kong yang berlokasi di Jalan Simongan.


0 Response to "Kelenteng Sam Poo kong"

Post a Comment